Suami Istri Sering Berselih

Pernikahan & Keluarga, 22 September 2022

Pertanyaan:

Assalamualikum.

Sy Jon Fahmi sering berselisih dg istri sy. Sy melihat ada tanda-2 bahwa istri sy terkena penyakit al wahn , sy minta agar istri sy diruqyah.

Istri sy menolak untuk diruqyah karena tiap hari baca Al Qur'an.

Mohon petunjuk & dasihat Pak Ustadz.

Sy ucapkan terimakasih atas kesediaan Pak Ustadz membantu sy.

Semoga berkah , aamiin



-- Jon Fahmi (Balikpapan)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Keinginan anda untuk mengobati “penyakit “ isteri anda itu adalah sikap yang baik. Akan tetapi ada satu hal yang tidak boleh anda lupakan adalah pendapat isteri anda tentang dirinya. Keinginan anda untuk menyembuhkan isteri anda tidak mendapat sambutan yang baik, karena dia merasa tidak sakit, yang perlu diobati. Karena itu dia menolak keinginan ada untuk meruqyahnya.

Jika anda ingin mengobati isteri anda, maka langkah pertama yang harus anda lakukan andalah menyadarkannya dan memahamkannya bahwa dia sedang sakit sehingga butuh pengobatan. Karena kata-kata anda tidak dipercaya oleh isteri anda, maka untuk itu perlu ada orang lain yang bisa mendeteksi penyakitnya. Orang itu harus  yang bisa diterima pedapatnya oleh isteri anda, seperti psikolog, dokter atau yang lainnya. Dengan menanyakan masalah kepada ahlinya, maka anda akan mengatahui siapa yang benar pendapatnya, pendapat anda atau pendapat isteri anda.

Demikian yang bisa disampaikan. wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc